Minggu, 09 Februari 2020

KURIKULUM QiTa




Kurikulum yang diimplementasikan Sekolah Dasar QiTa adalah kurikulum 2013 yang dipadukan dengan “Creative Curriculum” khas SD QiTa. Kurikulum ini secara khusus disusun sesuai kebutuhan tumbuh kembang anak didik yang  mengedepankan pembentukan akhlaqul karimah sekaligus menaungi pengembangan kognitif dengan mengedepankan “contextual learning” yang menyenangkan. 
Kurikulum khas SD QiTa  didasarkan pada lima output integritas pendidikan Qaryah Thayyibah yang diambil dari ide-ide Ki Bagoes Hadikoesoemo, yaitu:
1.      Integritas Aqidah dan Akhlaq Islamiyyah
2.      Integritas Kemandirian
3.      Integritas Kepemimpinan
4.      Integritas Intelektual
5.      Integritas Fisik/Jasmani yang Sehat dan Kuat

Berdasarkan pada lima target output proses pendidikan tersebut, maka kurikulum Sekolah Dasar QiTa  terdiri dari lima aspek :
  1. Kurikulum Aqidah dan akhlaq Islamiyyah, meliputi  tauhid, syariat dan muamalah menggunakan metode hikmah & keteladanan, pembiasaan ibadah sehari-hari di sekolah & di rumah, mengaji metode tilawati, hafalan Al Quran, ayat tematik, doa harian dan hadist pendek pilihan.
  2. Kurikulum Kemandirian, meliputi bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas, bekerja tuntas dan bekerja komunitas. Membantu dan Mengarahkan siswa untuk bisa mandiri dengan metode belajar langsung, life skill, market day, sekolah malam, dan qita fun camp (QFC).
  3. Kurikulum Kepemimpinan, meliputi kepemimpinan yang religius, jujur, adil, peduli, efisien, dan profesional melalui dynamic group dan Outbound Training.
  4. Kurikulun Intelektual, meliputi berfikir ilmiah, berprestasi dan pemanfataan teknologi untuk kesejahteraan umat.  Membantu dan mengarahkan siswa agar dapat mengenali potensi kecerdasannya dan mengembangkannya bersama sekolah menuju prestasi yang gemilang.
  5. Kurikulum Fisik, meliputi pola hidup seimbang, pola makan sehat, menumbuhkan anak senang berolahraga dan menjaga kesehatannya. Bertujuan agar siswa memiliki tubuh yang sehat dan kuat sehingga menunjang kegiatan pembelajaran yang aktif kreatif dan senantiasa bersemangat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Daftar di SD QiTa